Jumat, 09 September 2011

Produk BMT Al-Fath


1. Produk Penghimpunan Dana
a. Simpanan Mudharabah
Simpanan Mudharabah merupakan simpanan dari nasabah yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat. Simpanan dengan prinsip mudharabah mutlaqah ini akan mendapat bagi hasil setiap bulan dengan nisbah 20% (nasabah) : 80% (BMT).
b. Simpanan Pendidikan
Simpanan Pendidikan merupakan simpanan yang alokasi dananya diperuntukan untuk dana pendidikan bagi putra-putri nasabah. Penarikan dapat dilakukan dua kali dalam satu tahun, pertama pada saat ajaran baru, kedua pada saat semester. Simpanan dengan prinsip mudharabah mutlaqah ini akan mendapat bagi hasil setiap bulan dengan nisbah 25 % (nasabah) : 75 % (BMT).
c. Simpanan Qurban
Simpanan Qurban merupakan simpanan yang diperuntukan untuk keperluan pembelian hewan qurban. Penarikan dilakukan satu kali menjelang ibadah qurban. Simpanan ini menggunakan prinsip mudharabah mutlaqah sehingga akan mendapatkan bagi hasil setiap bulan sesuai dengan nisbah 25 % (nasabah ) : 75% (BMT).
d. Simpanan Walimah
Simpanan Walimah merupakan simpanan yang diperuntukan bagi mereka yang merencanakan pernikahan. Penarikan dilakukan satu kali, satu bulan menjelang pernikahan. Simpanan ini menggunakan prinsip mudharabah mutlaqah sehingga akan mendapatkan bagi hasil setiap bulan sesuai dengan nisbah 25 % (nasabah) : 75% (BMT).
e. Simpanan Haji
Simpanan Haji merupakan simpanan yang diperuntukan bagi mereka yang merencanakan untuk menunaikan haji. Penarikan dilakukan satu kali. Simpanan ini menggunakan prinsip mudharabah mutlaqah sehingga akan mendapatkan bagi hasil setiap bulan sesuai dengan nisbah 25% (nasabah ) : 75% (BMT).
f. Investasi Mudharabah
Investasi Mudharabah merupakan simpanan / investasi dengan menggunakan prinsip mudharabah mutlaqah yang penarikannya dapat dilakukan sesuai dengan jangka waktu yang dikehendaki. Pilihan jangka waktu yang dapat dipilih adalah: 3 Bulan dengan nisbah 25% (nasabah) : 75% (BMT), 6 Bulan dengan Nisbah 35% (nasabah) : 65 % (BMT), dan 12 bulan dengan nisbah 50 % (nasabah) : 50% (BMT).

2. Produk Penyaluran Dana
a. Pembiayaan Mudharabah
Pembiayaan Mudharabah merupakan akad kerjasama antara BMT selaku pemilik modal (Shahibul Maal) dengan mitra selaku pengelola usaha (mudharib) untuk mengelola usaha yang produktif dan halal. Dan hasil keuntungan dibagi sesuai dengan nisbah yang disepakati kedua belah pihak.
b. Pembiayaan Murabahah
Pembiayaan Murabahah merupakan akad jual beli barang antara mitra dengan BMT AL FATH dengan menyatakan harga perolehan/harga beli/ harga pokok ditambah keuntungan/margin yang disepakati kedua belah pihak. BMT membelikan barang-barang yang dibutuhkan mitra atau BMT memberi kuasa kepada mitra untuk membeli barang-barang kebutuhan mitra atas nama BMT. Lalu barang tersebut dijual kepada mitra dengan harga pokok ditambah dengan keuntungan yang diketahui dan disepakati bersama dan diangsur selama jangka waktu tertentu.
c. Gadai Emas Syariah / Rahn
Rahn yaitu penyaluran dana dengan system gadai. Nasabah memberikan jaminan barangnya berupa emas untuk mendapat kan pinjaman dana tunai dari BMT. Atas jaminan emas tersebut nasabah dikenakan biaya penyimpanan dan pemeliharaan emas yang disimpan oleh BMT sesuai dengan tarif yang disepakati.


d. Pembiayaan Qardul Hasan
Pembiayaan Qardul Hasan merupakan pinjaman dana kepada nasabah tanpa imbalan dengan hanya mengembalikan pokok pinjaman secara sekaligus atau cicilan dalam jangka waktu tertentu. Pembiayaan Qardhul Hasan ditujukan bagi orang yang tidak mampu (fakir dan/atau miskin) untuk modal usaha yang berkelanjutan. Sumber dana Qardul Hasan berasal dari penghimpunan Zakat, Infak dan Sedekah dari nasabah yang dikelola oleh BMT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar